Data Disdukcapil: Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya e-KTP, Masih Minim

warga Aceh Singkil

topmetro.news – Kesadaran masyarakat akan pentingnya KTP (Kartu Tanda Kependudukan) agar tercatat sebagai warga Aceh Singkil, masih minim.

Hal ini terlihat dari penjelasan Kadisdisdukcapil pada saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Data Pemilih untuk KIP Aceh Singkil, Kamis (3/9/2020).

“Saat ini jumlah penduduk Aceh Singkil sekitar 132.278. Sedikitnya ada 7.000 warga belum melakukan perekaman KTP El. Belum termasuk penambahan yang sudah berumur 17 tahun yang tentunya setiap tahunnya terus bertambah,” ucap Kabid Dafduk Rusmin.

“Bayangkan saja. Pada saat kami turun ke Kecamatan Gunung Meriah yang notabene di data kami sedikitnya ada 1.500 belum memiliki KTP El, dengan menurunkan pegawai disdukcapil dari provinsi selama dua hari, faktanya yang melakukan perekaman hanya 20-an orang saja,” katanya.

Rusmin menambahkan, jaringan juga menjadi kendala terbesar saat turun ke lapangan. “Di lapangan juga kami sering terkendala jaringan di kecamatan. Karena bagaimana pun, suksesnya perekaman tergantung jaringan,” tutupnya.

DPT Aceh Singkil

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugiato mengatakan per Bulan Juli, jumlah DPT untuk Aceh Singkil mencapai 74.923. “Data DPT Aceh Singkil setiap bulannya terus kita evaluasi. Dan untuk bulan ini, jumlah DPT mencapai 74.923,” ucap Edi.

BACA | Masyarakat Aceh Singkil Minta H Oyon Maju Pilkada 2022

“Tentu data ini akan terus bertambah setiap bulan dan tahunnya. Hingga pada saat Pemilu mendatang, data DPT dapat tervalidasi dan tepat,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment